Senin, 17 Februari 2014

Cara Membuat Makanan Mentah (Raw Food) Untuk Kucing


Dear readerss,,
Sebelumnya sudah membaca review atau ulasan belum tentang makanan kucing baik itu dry food/makanan kering/kibble dan wet food/makanan basah/canned yang sering didapat di toko atau petshop? Sebenarnya jika berbicara tentang keefektifan, memberikan dry food atau pun wet food memang lebih simple dan mudah dibandingkan harus membeli ke pasar, mencari bahan dan meracik makanan sendiri untuk kucing-kucing kita. Tetapi jika berbicara mengenai kesehatan dan keamanan produk untuk jasmani kucing kita, saya lebih prefer membuat makanan sendiri untuk kucing, karena selain bebas bahan pengawet juga lebih menyehatkan, asal kita harus selektif dalam memilih bahan untuk makanan racikan sendiri, karena tidak semua makanan menyehatkan untuk manusia juga menyehatkan untuk si kucing. Banyak pro dan kontra mengenai memberikan makan mentah bagi hewan peliharaan kita, tetapi mentah atau pun matang juga sama-sama memiliki resiko bila tidak hati-hati dalam mengolahnya. Berikut link yang bisa dijadikan alasan mengapa harus memberikan makanan mentah untuk hewan peliharaan kita.

Kucing termasuk hewan karnivora yang memakan daging dan mereka tidak perlu mengkonsumsi banyak sayuran yang justru tidak cocok dengan pencernaan mereka. Dari referensi yang saya kumpulkan daging yang paling baik untuk kucing adalah daging unggas (ayam atau bebek).

Nah, kali ini saya tidak akan berdebat tentang memilih makanan yang mentah atau yang matang, dan yang kering atau yang basah, tetapi saya akan berbagi pengalaman saya tentang bagaimana saya membuat sendiri makanan mentah untuk kucing-kucing saya, tentu saja setelah membaca referensi yang ada di internet dan memilah-milah bahan yang aman buat kucing-kucing kesayangan saya hehee. Jadi baik atau tidaknya tindakan ini silahkan readers yang memilih sendiri yah, kalau baik ya silahkan diikuti jika tidak ya 'just leave it'. ^____^ v

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 1/4 kg daging dada ayam fillet
- 1 buah wortel atau brokoli (bisa memakai keduanya)
- 2 butir kuning telur
- 1/4 sdt garam dapur
- air putih matang secukupnya

Cara membuat:
- Pertama, cuci bersih semua bahan, dan pisahkan kuning telur dengan putih telur dan tempatkan masing-masing bahan secara terpisah.
- Kedua, kupas wortel dan potong brokoli kecil-kecil (hilangkan bagian tengah wortel), masukan kedalam blander beri sedikit air kemudian bland wortel dan brokoli sampai halus.
- Ketiga, potong daging ayam, beri sedikit air bila perlu untuk membuat tekstur yang lembut kemudian bland. Apabila ingin tekstur yang lebih padat bisa dipotong dadu kecil-kecil saja.
- Keempat, beri sedikit garam dan kocok kedua butir kuning telur (yang telah dipisahkan dengan putih telur sebelumnya). ingat ya, hanya kuning telurnya saja.
- Kelima, campur jadi satu semua bahan kedalam mangkuk sampai menjadi satu adonan rata.
- Keenam, masukkan kurang lebih 2 sendok teh penuh adonan tersebut kedalam plastik es ukuran kecil. sehingga satu plastik kecil tersebut adalah satu porsi sekali makan untuk kucing kita.

Kurang lebih ini dia penampakan packaging yang sudah siap disajikan. Cukup simpan didalam freezer untuk menjaga kesegaran raw food. Masa penggunaanya lebih baik 3-4 hari setelah masa pembuatan yaa karena tidak ada bahan pengawetnya. ^^

Cara pemberian makanan mentah:
Bisa kita berikan sebagai makanan selingan/snack selain dry food, karena kucing juga membutuhkan cukup mineral untuk hidup, sehingga raw food yang mengandung lebih banyak mineral/air baik untuk sistem pencernaan si puss. Pemberian dry food yang berlebihan tidak baik untuk ginjalnya dalam jangka panjang. Makanan dry food/wet food yang kita beli di petshop juga mengandung bahan pengawet jadi sama saja memberikan junk food atau makanan-makanan instan yang tidak baik untuk kesehatan kucing kita. Jadi, pemberian raw food bisa dilakukan di pagi hari sebagai sarapan bisa ditambah dengan susu (harus susu khusus kucing yang bebas laktosa), kemudian siang & malam bisa memberikan dry food, atau bisa juga dicampur dengan dry foodnya untuk menambah aroma dan selera makan apabila kucing-kucingnya tidak seberapa suka dengan dry food merk tertentu.

Sekiaaannn, pengalaman saya tentang cara membuat makanan mentah untuk kucing, dan kucing saya sangat suka sekali, asal jangan sampai tergoda dengan bujuk rayunya yah, makanan mentah bisa saja menjadi favorit kucing tapi pemberian secara berlebihan juga tidak baik. Pantau selalu perkembangan kondisinya, memberikan makanan kucing juga harus seimbang dengan kondisi fisik maupun perilakunya. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan/vet anda untuk mengetahui kondisi si pussnya. Selamat mencobaaa yaaaahhh catlovers. Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Salam meow..!! (=^___^=)